TUTORIAL : Belajar Anatomi Iklan FB Ads


Kenali Anatomi Iklan sebelum habis akun lebih banyak untuk Trial Error atau mencari winning campaign.

Istilahnya "hanya keledai yang terjerumus pada lubang yang sama dua kali", begitu juga dalam proses trial error dan mencari winning campaign, kalau iklan pertama ame atau ditolak lalu diajukan lagi dengan akun lain tanpa ada perubahan bayangkan harus berapa truk akun yang disediakan?

Tapi dengan mengenal anatomi iklan kita dapat meminimalisir resiko tersebut paling tidak jika biasanya habis 30 akun untuk 1 iklan maka jika kenal anatominya berkurang jadi habis 29 akun
grin emoticon
.
.

Dalam iklan Fb ads ada beberapa unsur yang perlu kita fahami sebelum menjadi gila gara-gara mengulang kesalahan yang sama tapi sebelum mengenal itu pastikan anda sudah bolak balik memahami ebook ini >> https://goo.gl/bwsIEu karena tanpa memahami itu apa yang akan saya sampaikan mungkin susah untuk dimengerti.
.
.
..
.
.
.

ANATOMI IKLAN FB ADS.
.

1. Fanpages, fp menjadi unsur yang sangat penting karena semua iklan memerlukan fp sebagai "rumah" untuk iklan kita kecuali jika kita hanya memilih placment "right side" bisa tanpa fp itupun hanya untuk ctw. Fp kadang menjadi penyebab AME jika fp tersebut sudah terbukti terlalu sering menampung iklan yang melanggar TOS dan ame oleh karena itu jika berkali2 iklan kita gagal bisa jadi fp tersebut menjadi salah satu penyebabnya, coba ganti dengan fp yang fresh dengan nama yang tidak mirip dengan nama fp sebelumnya.


2. Adscopy/Copywriting, anatomi kedua dari iklan adalah adscopy dimana kita harus memastikan kata maupun kalimat yang kita gunakan tidak melanggar TOS, garis besarnya adalah ORIENTASIKAN COPYWRITING KITA KE PELAYANAN/PRODUCT BUKAN KE OBYEK. Pembahasan lebih detail mengenai unsur yang kedua ini akan saya bahas di acara offline pertengahan desember nanti karena butuh waktu lama buat menjelaskan hal ini, untuk info acaranya silahkan tunggu di grup KOMPOR ABE (search aja)


3. Gambar/Ad Image, yang paling penting dari gambar adalah :
a) tidak boleh ada unsur icon yang menjebak seperti play button palsu, kursor dll yang dianggap menyesatkan
b) Fokuskan gambar pada sebuah aktivitas dan jangan membidik bagian tubuh tertentu apalagi before after
c) Pastikan gambar tidak melanggar hak cipta
d) Pastikan text dalam gambar tidak melebihi jatah 20%
e) pastikan gambar tidak mengandung unsur kekerasan, sex dan hal lain yang dianggap tidak relevan dengan norma kesusilaan.


4. Judul, Unsur ini ada jika kita memasukan link baik iklan PPE maupun CTW, prinsipnya sama dengan prinsip unsur no. 2


5. Deskripsi link, prinsipnya juga sama dengan unsur no 2


6. Link baik display maupun backlink, pastikan link yang kita sertakan dalam iklan tidak melanggar TOS fb baik secara materi meliputi konten, gambar, artikel dll atau secara teknis tidak boleh ada opt-in, tidak berisi hal yang muluk2, tidak mengiklankan MLM, moneygame, judi, alat bantu sex dll.


Itulah beberapa unsur iklan yang penting kita pastikan aman, lalu apa manfaat materi ini?

Ketika iklan kita selalu ditolak atau selalu AME tentu ada salah satu atau salah dua atau bahkan salah dari unsur tersebut yang kita langgar.

Ketika itu terjadi buatlah analisa sederhana, dari 6 unsur tersebut mana kira-kira yang membuat iklan kita ditolak, selain harus mengerti TOS disini kita juga harus main feeling karena kadang pengertian di TOS dengan pengertian di otak kita tidak singkron, disitulah dibutuhkan waktu untuk mengasah feeling.

Contoh analisanya seperti ini :
Dari 6 unsur mana yang menurut kita paling munkin menjadi penyebab iklan ditolak? jika semuanya (6 unsur) berarti kita memiliki kemungkinan 35 kali gagal dan 1 kali sukses, jika semua berujung AME berarti anda membutuhkan paling tidak 36 akun yang siap ame.

Dari mana angka 35 dan 36 ini di dapat? dari rumus kemungkinan (silahkan buka lagi catatan buku matematika SMP/SMA) dan itu baru menghitung dari 6 unsur belum terhitung unsur eksternal seperti kekuatan akun dan kekuatan sumber pembayaran.

Jika menurut anda hanya 3 unsur yang dicurigai jadi penyebab ame berarti beban anda berkurang yaitu hanya sekitar 9 kali kegagalan. Mohon dikoreksi rumus Kemungkinan nya karna saya cuma menghitung secara sembarang.

Kalau kita menghitung kemungkinan kegagalan seperti itu memang hanya akan menambah takut untuk action, tapi maksud saya menampilkan hitungan tersebut adalah supaya kita memahami untuk mendapatkan sebuah hasil yang sempurna kita harus siap untuk fight, mencoba segala kemungkinan untuk sukses.

Kemungkinan kegagalan paling banyak biasanya terjadi ketika kita mengiklankan produk produk yang termasuk zona abu abu, walaupun menurut kita produk yang kita jual tidak melanggar tapi FB ibarat wanita yang harus selalu dimengerti tanpa mau mengerti kita,:D
dan akhir kata selamat berjualan di facebook, semoga omzet anda semakin melejit ^_^
Salam Action
@rhifay


Sumber : Facebook Kevindze
0 Komentar untuk "TUTORIAL : Belajar Anatomi Iklan FB Ads "

Back To Top