4 Kemampuan Dasar Yang Harus Anda Miliki Dalam Mengelola Bisnis Online



Kemampuan-kemampuan dasar menjalankan bisnis wirausaha adalah kunci bagi toko online untuk menuju kesuksesan. Meskipun berada pada level dasar, kemampuan-kemampuan ini adalah “jurus” jitu membawa toko online menuju masa depan bisnis yang menjanjikan.



Berikut empat kemampuan dasar dalam mengelola toko online agar sukses.
  • Kemampuan menciptakan kesan pertama yang baik. Pola pikir yang harus dimiliki penjual online adalah bahwa setiap pembeli yang datang merupakan pembeli pertama. Semua penjual pastinya ingin menciptakan kesan yang baik kepada pembeli yang baru pertama kali bertransaksi di toko online. Memiliki pola pikir ini akan membuat penjual selalu berusaha menciptakan kesan pertama yang baik pula. Kesan pertama yang baik tidak hanya akan membuat pembeli melakukan repeat order, melainkan juga membangun reputasi toko online yang baik di mata konsumen.
  • Kemampuan menyenangi orang lain. Dalam hal ini, orang lain tentunya adalah pelanggan yang berkunjung di toko online. Penjual harus berusaha untuk selalu memberikan pengalaman yang menyenangkan, mulai dari pertama kali pembeli meng-klik di toko online-nya hingga pesanan sampai di tangan pembeli. Beberapa cara menyenangkan pembeli antara lain dengan menyediakan customer service yang responsif di toko online, mendesain toko online dalam tampilan yang user-friendly, pengiriman pesanan yang tepat waktu, dan produk yang berkualitas baik.
  • Kemampuan membangun koneksi. Koneksi sangat penting dalam bisnis di dunia maya. Channel-channel online memungkinkan nama sebuah toko online menjadi terkenal hanya dalam beberapa klik. Pembeli yang puas berbelanja di toko online akan menceritakan pengalaman menyenangkan melalui media sosialnya. Melalui cara seperti inilah penjual membangun koneksi dengan para konsumen. Koneksi dengan pelanggan lama atau pelanggan setia penting untuk menjaga stabilitas angka penjualan di toko online.
  • Kemampuan mengelola keuangan. Kemampuan ini memang paling mendasar, namun juga paling penting. Pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan modal, perencanaan anggaran, perhitungan persentase profit, hingga alur keluar-masuk kas harus dijalankan dengan baik oleh pemilik toko online. Jika tidak dapat mengelola keuangannya dengan baik, pemilik toko online tidak akan mampu mencapai angka penjualan yang baik pula.
***
0 Komentar untuk "4 Kemampuan Dasar Yang Harus Anda Miliki Dalam Mengelola Bisnis Online "

Back To Top