Instagram terapkan algoritma baru, Penjual Online kena dampaknya

Instagram yang bisa dikatakan masih kalah dengan pendahulunya seperti Facebook dan Twitter, terus melakukan update pada beberapa fitur yang ada. Hal ini harus dilakukan agar bisa tetap bersaing dengan media sosial yang lain. Karena bagaimanapun juga pasti sebuah teknologi akan mengalami perkembangan setiap saat, dan jika tidak bisa menyesuaikannya maka akan tenggelam sendiri.


Update Algoritma Instagram

Update paling baru dari media sosial berbasis foto tersebut adalah perubahan pada keterangan waktu dalam tiap posting di timeline #Instagram. Saat ini, Instagram memberikan keterangan tanggal kapan foto tersebut diupload.
Sebelumnya untuk foto lama di Instagram untuk keterangan waktu hanya dimunculkan dalam hitungan sekian minggu saja. Ketika nanti foto yang ada di timeline pengguna Instagram tidak ditampilkan secara berurut sesuai dengan waktu kapan mereka mengunggahnya, maka adanya keterangan tanggal bisa dijadikan sebagai pemberi informasi usia foto yang sudah dilihat oleh pengguna.
Selain pembaruan itu, ternyata Instagram juga sedang melakukan pengembangan pada fitur baru yang lain. Melalui blog resminya, Instagram melansir bahwa pihaknya sedang melakukan penelitian dan uji coba untuk menampilkan foto dan profil orang terdekat yang sering dikunjungi. Jika kita perhatikan, ini mirip sekali dengan apa yang ada pada Facebook.

Jadi dengan fitur ini kemungkinan pengguna bisa diarahkan untuk berinteraksi dengan pengguna lain yang mungkin ia kenal namun belum pernah menjalin interaksi. Co-Founder and CEO Instagram Kevin Systrom memberikan penjelasan bahwa selama ini pengguna seringkali melewatkan 70 persen postingan di linimasa mereka.
Dengan perubahan pada algoritma Instagram ini diharapkan pengguna bisa melihat konten-konten yang memang sesuai dengan keinginan mereka. Instagram juga memastikan bahwa dengan fitur algoritma baru ini 30 persen konten pada linimasa akan relevan dengan minat dari para pengguna.

Dampak Bagi Online Shop


Bagi Anda yang sudah lama menggunakan Facebook, tentu merasakan adanya algoritma edgerank ini. Meskipun teman FB Anda jumlahnya ribuan, namun tetap saja yang muncul di timeline/beranda hanyalah akun orang-orang tertentu saja kan?

Bagi Anda yang saat ini sangat menggantungkan traffik dari instagram untuk bisnis online, tentu saja akan ada dampak yang dirasakan. Bisa dampak baik, bahkan dampak buruk.

Contohnya begini, Anda update post pada jam 19.00. Follower Anda yang juga sedang membuka instagram saat itu belum tentu akan melihat postingan Anda. Karena algoritma instagram telah memilihkan kepada follower Anda postingan akun apa yang terlebih dahulu dilihat oleh mereka. Jadi hal ini akan mengakibatkan Anda tidak lagi mudah terjangkau oleh follower melalui timeline mereka, meskipun Anda melakukan update pada jam premium (waktu ramai pengguna instagram online).

Tapi dampak baiknya, bagi follower yang memang sudah loyal kepada Anda. Mereka rajin like setiap postingan, sering berinteraksi dengan Anda melalui inbox maupun komentar. Akun instagram Andalah yang akan dilihat terlebih dahulu oleh mereka. Meskipun postingan Anda dibuat kemarin malam.

Apa Tujuan Instagram Merubah Algoritma?


Bisnis!! Tujuan jangka panjangnya adalah bisnis. Meskipun alasan yang dikemukakan juru bicara instagram adalah demi kepentingan dan kenyamanan pengguna. Seperti dilansir tekno.kompas.com pada Selasa (29/3/2016), algoritma tersebut sama sekali tidak bertujuan utnuk menghapus sebuah postingan dari timeline pengguna.

"Kami hanya mengatur ulang urutan postingan-nya saja, kami ingin membuat pengguna melihat postingan yang paling diminati, termasuk juga dari brand (akun jualan)," kata juru bicara tersebut.

Dengan cara seperti ini instagram berharap dapat menjaring lebih banyak pengiklan berbayar. Sebuah tawaran traffic instant kembali digulirkan kepada para pebisnis online.

Akhirnya, bagi Anda pelaku bisnis online shop yang mengandalkan instagram, ada dua pilihan tersirat dari tulisan ini.

1. Mau beradaptasi dengan perubahan? atau
2. Memilih mundur teratur membiarkan omset tertidur hingga bisnis Anda hancur?

salam perubahan
@rhifay
0 Komentar untuk "Instagram terapkan algoritma baru, Penjual Online kena dampaknya"

Back To Top