Tutorial Cara Jualan di Tokopedia

Tokopedia merupakan sebuah mall online yang digagas oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Market place yang berada dalam naungan PT. Tokopedia ini akhirnya resmi diluncurkan ke pasar umum pada 17 Agustus 2009, lalu telah menjadi salah satu pionir bisnis online Indonesia yang dibuktikan dengan penerimaan penghargaan Marketeers of the Year 2014 dari lini e-commerce dalam acara markplus Conference 2015 lalu.

Bagaimana cara jualan di Tokopedia?
Anda yang belum mengetahui cara jualan di Tokopedia tidak perlu mengkhawatirkan kerumitan yang mungkin dihadapi sebab market place terpercaya ini menjamin kenyamanan dan kemudahan para calon penjual. Plus, daftar berjualan di Tokopedia tidak dipungut biaya sepeserpun sehingga Anda tidak perlu menyiapkan budget pengeluaran berlebih.


Seperti apa sih cara daftar jualan di Tokopedia untuk menjadi penjual di Tokopedia secara resmi? Berikut adalah penjelasan selengkapnya:


Dengan membuka toko online di Tokopedia, kamu akan otomatis terhubung dengan banyak pilihan bank dan agen logistik terbesar di Indonesia. Metode pembayaran instan seperti Mandiri ClickPayMandiri e-CashBCA KlikPayKlikBCAKartu Kredit, dan Indomaret bisa kamu gunakan secara GRATIS! Hitung ongkir dan tracking pesanan pun disediakan secara cuma-cuma.

Tokopedia
Buka toko online di Tokopedia mudah banget loh, Toppers. Pertama-tama, pastikan kamu sudah login ke Tokopedia terlebih dulu. Lalu klik "Buka Toko" pada bagian kiri-atas halaman home. Bisa juga dengan klik ikon "Toko" Buka Toko header menu, lalu pilih "Buka Toko".

Tokopedia
Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap dan benar, seperti:
- Domain toko (www.tokopedia.com/domaintokokamu)
- Informasi toko (nama, slogan, deskripsi)
- Dukungan pengiriman
- Dukungan pembayaran
- Foto profil toko
Terakhir, klik "Buka Toko".
TAMBAH PRODUK 
Tokopedia
Masukkan produk-produk yang mau kamu jual dengan klik "Tambah Produk" di menu "Toko Saya". Bisa juga dengan klik "Toko" Tombol Toko Saya di header menu, lalu pilih "Tambah Produk".
Tokopedia
Isi semua informasi tentang produk dengan benar dan lengkap, seperti:

- Nama Produk
- Kategori produk
- Deskripsi produk
- Berat produk
- Harga produk
- Foto produk
Setelah itu, klik "Simpan", atau "Simpan & Tambah Baru" untuk menambah produk-produk baru lainnya. Mudah kan?
Catatan : Perlu kamu ingat, semua produk yang kamu upload harus memenuhi ketentuan upload produk yang sudah di tetapkan.

TERIMA PESANAN
Tokopedia
Kamu akan menerima notifikasi jika ada pesanan baru. Kamu bisa melihat pesanan baru dengan klik "Penjualan" di menu "Toko Saya". Bisa juga dengan klik ikon "Inbox" Menu Notifikasi di header menu, lalu pilih "Pesanan Baru".
Tokopedia
Untuk menerima pesanan, centang pada kolom pesanan yang kamu kamu proses, lalu klik "Terima Pesanan". Selanjutnya, klik "Respon Pesanan".
Catatan : Jika ada suatu hal yang membuat kamu tidak bisa memenuhi pesanan, pilih "Tolak Pesanan" dan isi alasan yang sesuai di kolom "Alasan Penolakan".
Tips Jualan di Tokopedia?
Selayaknya persaingan di bisnisn offline, Anda juga harus pintar bersaing dengan rival sesama penjual di Tokopedia lho. Agar pengalaman berbisnis sukses dan meraih keuntungan lumayan, berikut adalah beberapa tips cara berjualan di Tokopedia yang wajib disimak:

  • Menjadi Gold Merchant – Tokopedia menyediakan fasilitas Gold Merchant yang merupakan layanan berbayar bagi para penjual. Langkah ini merupakan salah satu cara jualan di Tokopedia agar cepat laku karena member Gold Merchant memiliki berbagai keuntungan, termasuk diakui sebagai salah satu partner paling direkomendasikan Tokopedia. Anda yang menggunakan fitur ini juga dapat menggunakan fasilitas promo sehingga produk dapat muncul di laman pertama Tokopedia;
  • Gunakan foto produk yang berbeda dengan lainnya – Banyak penjual menjual produk serupa dengan foto yang sama. Hal ini terkadang membuat para calon pembeli bingung sekaligus meragukan keaslian produk Anda. Jika memungkinkan, ambillah foto produk secara pribadi/langsung untuk membedakannya dengan yang lain;
  • Respon cepat – Salah satu cara jualan yang dapat digunakan agar barang di Tokopedia cepat laku adalah dengan memberikan respon cepat ketika ada pembeli yang melakukan Penjual umumnya diberi tenggat waktu sekitar tiga hari untuk melakukan respon, sehingga Anda wajib selalu mengecek akun penjualan di Tokopedia agar dapat langsung memberikan layanan prima pada pelanggan. Anda juga dapat meninggalkan nomor kontak yang bisa digunakan calon pembeli yang ingin bertanya langsung tentang barang yang dibutuhkan;
  • Lakukan pengiriman dengan cepat – Pembeli tentu mengharapkan pelayanan prima ketika memutuskan untuk berbelanja di toko Anda. Oleh karena itu, layani para pelanggan secara baik dengan cepat dan tanggap memberikan konfirmasi pengiriman. Apabila memang terjadi potensi keterlambatan, jangan lupa untuk selalu menginfomasikan kepada pembeli;
  • Selalu aktifkan toko – Anda perlu memberikan kesan ke pelanggan bahwa laman di Tokopedia selalu aktif. Jika memungkinkan, jangan sampai tidak mengaktifkan toko selama lebih dari dua minggu yang dapat menyebabkan pembeli sedikit ragu untuk melakukan transaksi.

Hal terakhir yang wajib diperhatikan dalam tips cara jualan di Tokopedia adalah dengan selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran. Pastikan Anda memberikan deskripsi mendetail tentang barang yang akan dijual karena pembeli online umumnya hanya mengandalkan deskripsi dan foto produk karena mereka tidak bisa melihat kondisi fisik barang secara langsung. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Berjualan di Tokopedia memang memiliki banyak keuntungan karena dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang membutuhkan barang. Anda yang telah mempelajari cara jualan di Tokopedia sekaligus tips berjualan di Tokopedia dapat langsung mempraktikkannya untuk mengekspansi bisnis yang tengah dijalankan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

0 Komentar untuk "Tutorial Cara Jualan di Tokopedia"

Back To Top