Cara membuat buyer persona agar produk anda lebih laku dan laris

 

Mengenal Lebih Dekat Target Market Anda dengan Membuat Buyer Persona

Buyer Persona adalah karakter dalam imajinasi Anda ketika membayangkan siapa pembeli ideal dari produk Anda.
Membuat buyer persona berarti mengambil waktu sejenak untuk membayangkan dan menuliskan… siapa sih sebenarnya target market kita.
Iya… sesederhana itu.
Masalahnya, tidak banyak orang yang tahu caranya. Lebih sedikit lagi yang melakukannya.
Di sisi lain, setiap penjual yang hebat, blogger yang ngetop dan pebisnis yang sukses mengetahui dengan pasti siapa target market mereka.
Buyer persona yang Anda buat akan mempengaruhi segala aspek marketing Anda… termasuk:
  • Content Marketing: artikel, video atau lead magnet apa yang akan Anda buat untuk menarik pembeli ideal Anda?
  • Iklan berbayar: Facebook, Instagram, Twitter… dengan buyer persona Anda akan mengetahui di mana pembeli ideal Anda menghabiskan waktunya di sosial media.
  • Penciptaan produk: Apa masalah yang sedang dialami oleh pembeli ideal Anda dan solusinya?
  • Copywriting (tulisan iklan): Kata-kata apa yang akan Anda gunakan dalam iklan, email marketing atau sales letter Anda?
Dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Buyer Persona

Ada 2 langkah:
  1. Imajinasi
  2. Tuliskan

Mari Kita Mulai dari Imajinasi Anda

Bayangkan hal ini…
Salah satu pelanggan setia Anda sedang curhat.
Anda berdua adalah teman baik. Dia sangat suka membeli dari Anda, dan Anda pun ingin melayaninya sebaik mungkin.
Karena Anda adalah teman baik, maka Anda pasti mengetahui sedikit banyak kepribadiannya.
Apa kopi kesukaannya dan di mana dia suka membelinya.
Buku apa yang sering dibaca, dan musik apa yang sering didengar…
Dan ada begitu banyak hal yang bisa Anda jelajahi hanya dengan berusaha mendengarnya ketika dia curhat.
Semakin Anda mengetahui hal-hal kecil semacam itu, Anda akan mengerti bagaimana teman baik Anda membuat keputusan.
Terutama keputusannya dalam hal membeli barang.
Buyer persona membuat Anda seolah-olah masuk dalam pikiran calon pembeli dan mengerti pola pikirnya. Menebak kesukaannya, dan mengetahui dengan jelas apakah dia menyukai produk Anda.
Jika sampai sini, Anda sudah dapat bayangan mengenai apa itu buyer persona, maka langkah selanjutnya adalah menuliskannya.
Anda dapat menggunakan template di bawah ini untuk memulainya.

Silakan download disini 
0 Komentar untuk "Cara membuat buyer persona agar produk anda lebih laku dan laris"

Back To Top