Langkah Membranding Produk Online Bagi Pebisnis pemula


Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah bisnis berbasis online di Indonesia pada 2016 mencapai 26.6 juta. Selama kurun waktu 10 tahun (2006-2016) ada kenaikan sebesar 17%. 

 Data di atas menunjukkan bahwa bisnis online menjadi jenis bisnis yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena ada beberapa kemudahan dan keuntungan yang akan pebisnis dapatkan. Salah satunya, bagi pebisnis yang menjual produknya secara online mereka tidak perlu menyewa tempat usaha dengan biaya yang mahal, pulang-pergi ke toko, menjaga toko dalam jangka waktu tertentu, dan lain sebagainya. 

Nah, berikut ini cara membranding produk online bagi pemula. 
1. Memantapkan Diri untuk Mulai Menjalan Bisnis 
Sebelum memulai sebuah bisnis baik online maupun offline, hal pertama yang harus dilakukan adalah memantapkan diri, hal ini penting dilakukan karena memiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya bisnis yang akan kita lakukan. Apabila kita menjalani bisnis dengan setangah hati maka kita akan mudah jatuh dan dijatuhkan oleh keadaan. 

2. Survey Jenis Bisnis atau Produk yang akan Dijual 
Selanjutnya kita harus menentukan jenis bisnis atau produk apa yang akan kita jual? apakah pakaian, makanan, skin care atau yang lainnya. Dalam tahap ini kita harus menganalisis kebutuhan pasar, kita dapat melihat apa yang dibutuhkan dilingkungan sekitar kita atau bisa juga dengan berdasarkan informasi tren bisnis yang sedang berkembang saat ini. 
Lantas bagaimana jika kita menginginkan sebuah jenis bisnis yang benar-benar unik dan menarik? Tentu saja bisa, bisnis yang unik itu bisa datang dari lintas disiplin sektor yang kita ambil. 
Contohnya, transportasi + teknologi (Gojek, Grab), pendidikan + teknologi (training via online, bisa dengan whatsapp, zoom atau media lainnya) dan seterusnya. 

3. Endorsment dari Social Influencer 
Setelah kita menemukan tren bisnis yang cocok dengan kita, tidak cukup bagi kita untuk sekedar mengikutinya namun kita harus mampu memberikan ‘pembeda’ antara bisnis kita dengan yang lainnya, di sinilah pebisnis dituntut untuk mampu berfikir kreatif. 
Bagi sebuah bisnis online, salah satu yang menjadi faktor penentu adalah bagaimana kita memasarkannya agar calon pembeli tertarik dengan produk yang kita jual terlebih kita tidak bertemu dengan dengan mereka secara langsung? Terlebih dengan banyaknya penjual online yang menawarkan produk serupa dengan harga yang lebih murah. Salah satu cara marketing yang dipilih oleh para pebisnis online adalah melalui endorsment yang dilakukan oleh para artis atau social influencer yang memiliki banyak pengaruh dan juga banyak followers. 

Hal ini mengharuskan pebisnis untuk membayar biaya endorsment yang tidak sedikit. Lantas bagaimana bagi para pemula yang belum mampu membayar endorsment? Dan bagaimana cara membranding produk dan menarik kepercayaan calon pembeli? 
bahwa endorsment dengan biaya yang mahal yang dilakukan oleh influencer yang memiliki banyak follower bukan merupakan satu-satunya jalan untuk meningkatkan branding barang dan penjualan barang kita. 

4. Membangun Citra dan Pengaruh di Sosial Media 
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membangun pengaruh di sosial media yang dapat memberikan efek bagi barang yang akan kita jual nantinya. 

Pertama, Memisahkan Akun Bisnis dengan Akun Pribadi 
Membangun pengaruh di sosial media dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memisahkan akun bisnis dengan akun pribadi, social media jangan hanya dipenuhi dengan selfie dan foto keluarga, buatlah postingan tentang produk yang akan dijual dengan narasi yang unik, menarik dan seemosional mungkin yang memungkinkan postingan anda tersebut akan viral, dibicarakan dan dibaca banyak orang. Setelah hal ini berhasil, barulah mulai untuk berjualan.

Kedua, Memberikan Give Away 
Selanjutnya, buatlah kuis kecil-kecilan dan berikan give away bagi yang berhasil menjawab kuis tersebut. Kita juga bisa melakukan share product dengan mengirimkan barang yang kita jual kepada teman dan keluarga terdekat. Setelah itu kita minta komentar dan testimoni dari mereka, testimoni tersebut bisa kita gunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan calon pembeli yang secara potensial dapat membantu kita meningkatkan penjualan produk kita.

Ketiga, Jangan Gunakan Akun Bisnis untuk Komentar Negatif 
Selain itu, sebisa mungkin jangan sampai kita gunaka akun sosial media untuk menghujat atau memberikan komentar negatif terhadap orang lain karena hal ini dapat merusak citra dan branding kita di sosial media, be a wise social media user. 

Demikian tips tentang tata cara membranding produk online bagi pemula dari saya, semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Langkah Membranding Produk Online Bagi Pebisnis pemula"

Back To Top